VISI & MISI ARSITEKTUR

VISI, MISI, TUJUAN DAN UNIVERSITY VALUE

 

Visi

a. Bermutu : mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan di bidang perencanaan arsitektur dan mampu memenuhi kebutuhan permintaan pasar terkait kebutuhan tenaga kerja dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi terkini.

b. Kompeten : mampu menguasai dan bertanggung jawab terhadap 13 kompetensi dasar IAI – APTARI, dan mampu menerapkan dalam keterampilan keahlian yang dimiliki sesuai dengan capaian KKNI.

c. Berwawasan Ekowisata : memiliki wawasan yang baik tentang pentingnya pengembangan dan perencanaan lingkungan ekowisata berkelanjutan sebagai salah satu fokus pengembangan potensi wilayah Bali.

d. Internasional pada Tahun 2034 : Memiliki ruang lingkup jangkauan layanan pendidikan yang luas pada skala internasional secara bertahap sampai tahun 2034 dari skala lokal, nasional, hingga skala internasional.

 

Misi

a. Menyelenggarakan Pendidikan Dengan Mengacu Pada Standar Kompetensi UIA, APTARI Dan IAI “Terwujudnya Program Studi Arsitektur yang bermutu, kompeten, berwawasan ekowisata, dan mampu bersaing di tingkat internasional 2034” 41

b. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Berorientasi Pada IPTEKS, Membangun Pemikiran Logis-Teoritis, Dan Terampil Dalam Mengkomunikasikan Serta Mempresentasikan Gagasan

c. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Mengangkat Tema Ekowisata

d. Menyelenggarakan Kerjasama Tingkat Nasional Dan Internasional Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Akademik Dan Daya Saing Mahasiswa

 

Tujuan

a. Mahasiswa mampu mencapai standar kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh universitas, UIA, APTARI, IAI, dan KKNI.

b. Mahasiswa mampu menggunakan dan menerapkan IPTEKS dan berpikir logis-teoritis dalam mengkomunikasikan dan mempresentasikan gagasan

c. Dosen mampu menggunakan dan menerapkan IPTEKS dalam menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

d. Mahasiswa dan dosen mampu mengembangkan pengetahuan, substansi keilmiahan dan keilmuan berdasar pada ekowisata

e. Program studi mampu mencari dan menjalin kerjasama dengan institusi pendidikan, pemerintahan, dan profesional untuk meningkatkan kemampuan akademik dan keterampilan sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional

 

Ciri Khas Program Studi dan University Value

Mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan Universitas Warmadewa yang mana menekankan pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Pola Ilmiah Pokok Ekowisata dan menghasilkan lulusan yang bermutu, berkompeten, dan berwawasan ekowisata maka di Ps. Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa dirumuskan ciri Khas Program Studi adalah Arsitektur Berwawasan Ekowisata.

Ciri khas Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa terkait dengan nilai-nilai Perguruan Tinggi (University Value) yang mengacu pada Visi, Misi, dan Strategi Universitas Warmadewa yaitu:

1. Berwawasan Ekowisata Kekhasan atau keunggulan Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa adalah pengembangan arsitektur berwawasan ekowisata. Untuk itu, mata kuliah berwawasan ekowisata dan pengetahuan yang berkaitan dengan isu ‘keberlanjutan’ seperti Arsitektur Tradisional Bali, Lingkungan Binaan Pariwisata, Arsitektur Pariwisata Berkelanjutan (ekowisata), serta Tugas Akhir mahasiswa juga dirancang lebih fokus pada hospitality design (desain berlandaskan pariwisata) menjadi fokus yang diambil. Lulusan Program Studi Arsitektur dibentuk untuk memiliki wawasan yang baik tentang pentingnya pengembangan dan perencanaan lingkungan berbasis pariwisata yang tidak merusak lingkungan, ramah terhadap alam, mengedepankan keuntungan bagi kehidupan sosial serta menghormati budaya setempat.

 2. Berdaya saing internasional pada Tahun 2034 Hal ini terangkum pada nilai luhur Spirit Sapta Bayu. Spirit Sapta Bayu merupakan tujuh nilai luhur yang sangat relevan diterapkan pada zaman global saat ini guna memenangi persaingan. Nilai luhur Spirit Sapta Bayu tidak hanya berorientasi pada masa kini, namun jauh lebih visioner dari pada itu, nilai luhur Spirit Sapta Bayu sangat cocok digunakan untuk menatap masa depan, sebagai inspirasi kepemimpinan masa yang akan datang. Sapta Bayu berasal dari dua kata, yaitu Sapta dan Bayu. Sapta berarti tujuh, dan Bayu berarti tenaga, daya hidup yang membawa semangat, menjadi panduan dalam berbagai aspek kehidupan bagi seluruh civitas akademika Universitas Warmadewa termasuk civitas akademika Program Studi Arsitektur.